Home Berita Terkini Dinkes Tingkatkan Pelayanan Puskesmas Antisipasi Covid-19

Dinkes Tingkatkan Pelayanan Puskesmas Antisipasi Covid-19

2,342
0
SHARE
Dinkes Tingkatkan Pelayanan Puskesmas Antisipasi Covid-19

Koba,  - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan pelayanan kesehatan di seluruh puskesmas untuk mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19.

"Kami tingkatkan pelayanan di pusat kesehatan masyarakat, jumlah tenaga medis ditambah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah dr Bahrun R Siregar di Koba, Jumat,(06/03/2020)

Ia menjelaskan, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) hanya bersifat antisipasi dini jika ditemukan ada warga terindikasi virus corona.

"Puskesmas hanya antisipasi dini atau penanganan awal, jika positif terserang virus maka dirujuk ke rumah sakit yang lebih mampu menanganinya," ujarnya.

Pihaknya sudah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di Pangkalpinang yang sudah siap menangani pasien terindikasi COVID-19.

"Namun demikian, kami menganjurkan warga melakukan langkah pencegahan sendiri dengan selalu menjaga kebersihan dan kekebalan tubuh," ujarnya.

Ia mengatakan, pencegah di masyarakat dan dari dalam diri warga itu sendiri sangat penting dibanding penanganan di rumah sakit.

"Budayakan hidup bersih dan sehat, kenali gejala-gejalanya dan cepat mendatangi puskesmas terdekat jika terjadi demam tinggi dan flu," ujarnya.

 

Sumber : Antara News