Home Daerah Komunitas Gerakan Peduli Lingkungan Beraksi, Ajak Masyarakat Turun Langsung Bersihkan Sungai Couyan

Komunitas Gerakan Peduli Lingkungan Beraksi, Ajak Masyarakat Turun Langsung Bersihkan Sungai Couyan

1,382
0
SHARE
Komunitas Gerakan Peduli Lingkungan Beraksi, Ajak Masyarakat Turun Langsung Bersihkan Sungai Couyan

KOBA – Komunitas pecinta lingkungan Bangka Tengah yang kerap disapa GPL (Gerakan Peduli Lingkungan) kembali membuat gebrakan dengan aksi bersih-bersih. Kali ini aksinya tersebut dilaksanakan dengan membersihkan Sungai Couyan, yang ada di Jl. Ismail Marzuki, Minggu (26/11/2023) pagi.

Aksi bersih-bersih ini berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, jajaran Kepolisian, TNI, serta masyarakat khususnya Kota Koba, bersama-sama membersihkan berbagai macam jenis sampah di sekitaran sungai.

Meskipun dilanda hujan, tak menyurutkan semangat kebersamaan untuk mengubah wajah baru Sungai Couyan, yang kini airnya tak dapat digunakan masyarakat lagi untuk keperluan sehari-hari seperti dahulu kala.

Era Susanto, Wakil Bupati Bangka Tengah, serta Eva Algafry, Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah terlihat turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Eva, ketika ditemui di sela kegiatan mengatakan gerakan bersih-bersih ini merupakan contoh nyata pemberian edukasi bagi masyarakat.

"Ini bagian langkah awal untuk mengedukasi masyarakat, dan juga untuk mengajak bersama-sama mari jaga kebersihan lingkungan di Bangka Tengah ini. Gak usah jauh-jauh, minimal mulai dari lingkungan rumah sendiri dulu, maka yang lain juga akan mengikuti," ujar istri Bupati Bangka Tengah ini.

Dirinya juga berharap, akan ada langkah lebih besar lagi dalam mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan.

"Mungkin sepele, tapi ini adalah pemantik awal dalam perubahan yang lebih besar. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Semoga nanti akan ada langkah lebih besar. Semoga masyarakat dapat selalu menjaga lingkungan, dan terima kasih atas partisipasinya hari ini. Kami juga akan mengevaluasi kinerja kami selaku pemerintah dalam menjaga lingkungan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua GPL Bangka Tengah, Hermanto pun berharap, semoga komitmen komunitas yang mempunyai semboyan Mengabdi dengan Aksi, Bergerak dengan Hati ini dapat semakin solid.

"Nanti kita akan buat gerakan yang lebih besar lagi. Ini hanya pemantik sebagai langkah awal saja, semoga kami dapat selalu menjaga komitmen dalam melaksanakan setiap program dari Gerakan Peduli Lingkungan ini," jelasnya singkat.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman