Home Berita Terkini Konsumsi Ikan Masyarakat Bangka Tengah 55 Kilogram/Kapita/Tahun

Konsumsi Ikan Masyarakat Bangka Tengah 55 Kilogram/Kapita/Tahun

810
0
SHARE
Konsumsi Ikan Masyarakat Bangka Tengah 55 Kilogram/Kapita/Tahun

Koba, - Konsumsi ikan laut masyarakat Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai 55 kilogram/kapita/tahun atau melebihi rata-rata konsumsi ikan nasional sebesar 50,49 kilogram per kapita/tahun.

"Konsumsi ikan masyarakat daerah ini sudah di atas rata-rata nasional, bahkan nomor satu di Indonesia," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, konsumsi ikan masyarakat Bangka Tengah pada 2018 sebesar 49,85 persen atau terus meningkat setiap tahunnya karena terus digencarkan kampanye memakan ikan.

"Kampanye mengonsumsi ikan segar terus digencarkan, demikian juga berbagai program dilaksanakan untuk meningkatkan konsumsi ikan di antaranya lomba memasak ikan dan demo memasak," ujarnya.

Ia menjelaskan, produksi ikan sejak 2014 hingga 2019 terus mengalami peningkatan karena para nelayan sudah memiliki fasilitas tangkap yang memadai.

"Produksi ikan laut pada 2014 hanya sebesar 16 ton, sedangkan pada 2019 sudah mencapai 25 ton lebih," ujarnya

Pemkab Bangka Tengah terus mengembangkan sektor perikanan dengan memberdayakan masyarakat pesisir melalui program industri perikanan rumah tangga.

"Dinas terkait kami minta fokus mengembangkan industri hilir perikanan dengan memberdayakan masyarakat pesisir untuk mengembangkan usaha home industri yang berbahan baku ikan," ujarnya. ***1***

 

Sumber : Antara News