Home Berita Terkini Pemkab Bangka Tengah bangun Pamsimas di 10 desa

Pemkab Bangka Tengah bangun Pamsimas di 10 desa

1,018
0
SHARE
Pemkab Bangka Tengah bangun Pamsimas di 10 desa

Koba, Babel,, 27/11 - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di 10 desa, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Program Pamsimas ini sebenarnya sudah dimulai sejak 2014, tahun ini lebih kita fokuskan dan ada 10 desa yang menjadi sasaran program," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Sabtu.

Pemkab Bangka Tengah dalam rencana kerja jangka panjang, menargetkan pada 2022 hingga 2026 seluruh desa di daerah itu sudah mendapatkan pelayanan air minum yang layak dan sanitasi yang memadai.

"Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) juga akan menyasar seluruh desa di daerah ini, sehingga masyarakat menjadi sehat, kuat, dan unggul," katanya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUTRP) Bangka Tengah Rahmat Wibowo mengatakan, Pamsimas tersebut merupakan program Kementerian PUPR yang diteruskan ke seluruh daerah.

"Kita menjadikan Kecamatan Pangkalanbaru sebagai percontohan program Pamsimas, karena kecamatan tersebut jaringan Pamsimasnya sudah cukup banyak," ujarnya.

Ia mengatakan, awalnya hanya ada 50 Sambungan Rumah (SR) yang tersedia, namun dengan swadaya jumlahnya semakin banyak yakni 254 sambungan.

"Bahkan untuk Desa Cambai Induk, itu sekarang Sambungan Rumahnya ada 800 rumah,” ujar Rahmat.

 

Sumber : Antara News