Home Berita Terkini Pemkab Bangka Tengah dirikan kampung literasi

Pemkab Bangka Tengah dirikan kampung literasi

978
0
SHARE
Pemkab Bangka Tengah dirikan kampung literasi

Koba, Babel,, 28/11 - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendirikan kampung literasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Taman Baca Masyarakat (TBM) Kampung Literasi Mahadaya ini sangat strategis untuk melahirkan sumber daya manusia yang andal karena banyak membaca," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman usai meresmikan TBM Kampung Literasi Mahadaya di Kelurahan Padang Mulia, Minggu.

Bupati mengatakan, pendidikan merupakan prioritas dalam upaya membangun dan meningkatkan kualitas manusia dan diperlukan sarana pendukung yang memadai.

"Minat baca masyarakat kita masih rendah, tentu kami berharap dengan adanya kampung literasi ini mampu meningkatkan minat baca," ujarnya.

Menurut bupati, sinergi dan kolaborasi antara lembaga penyelenggara literasi dan pemerintah beserta badan usaha merupakan peran penting dalam mewujudkan SDM yang berkualitas untuk membangun daerah.

"Tentu kami terus membangun kampung literasi hingga menyebar ke seluruh desa di daerah ini," ujarnya.

Sementara Bunda Baca Bangka Tengah, Eva Algafry mengatakan, membaca merupakan kunci bagi setiap manusia untuk bisa membawa perubahan baik pada individu maupun lingkungannya dalam bentuk perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan.

"Bisa jadi, kurangnya minat baca di masyarakat kita memang didasari karena fasilitas yang sangat terbatas atau karena buku yang disajikan kurang menarik," ujar Eva.

 

Sumber : Antara News