Home Berita Terkini Populasi sapi Bangka Tengah capai 5.800 ekor

Populasi sapi Bangka Tengah capai 5.800 ekor

895
0
SHARE
Populasi sapi Bangka Tengah capai 5.800 ekor

Koba, Babel,, 08/12 -  Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan populasi sapi di wilayah tersebut, hingga saat ini mencapai 5.800 ekor.

"Populasi sapi titu ersebar pada seluruh kecamatan dan dikelola baik berkelompok maupun perorangan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bangka Tengah, Sajidin di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, populasi sapi tersebut disumbangkan dari para peternak yang tergabung dalam kelompok maupun perorangan tersebar di beberapa kecamatan.

"Kita terus dorong peternak untuk terus membudidayakan sapi dengan pola yang baik dengan menerjemahkan program inseminasi buatan," ujarnya.

Pemerintah daerah terus menyalurkan bantuan sapi secara bergulir kepada peternak dalam kelompok dalam rangka ?mendukung program nasional yaitu swasembada sapi pada 2026.

"Untuk menjadikan daerah ini swasembada sapi tentu dengan menjalankan program inseminasi buatan," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini di beberapa desa sudah mulai menggalakkan peternakan sapi baik secara kelompok maupun perorangan seperti di Dusun Air Medang.

"Kelompok peternak sapi di Dusun Air Medang sudah berjalan cukup baik, bahkan ada warga yang mampu kuliahkan anak, bangun rumah dan beli mobil seratus persen dari usaha peternakan sapi," ujarnya.

 

Sumber : Antara News