Home DESA BELILIK

DESA BELILIK

966
SHARE
DESA BELILIK
BEUTAS
(Berbudaya, Tentram, Agamis, Dan Santun)
 
Nama Kades : MULDARI
Alamat : Jalan Raya Desa Belilik
Moto : Berbudaya, Tentram, Agamis Dan Santun (BEUTAS)
Telp/Fax : -

 

 

 

 

Belilik adalah sebuah desa di Kecamatan Namang dan merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Desa Belilik merupakan desa pemekaran dari Namang – Belilik dan pada Tahun 2007menjadi Desa Persiapan Belilik, serta pada Tahun 2008 Desa Belilik resmi menjadi desa definitif.

Typologi wilayah Desa Belilik adalah perkebunan dan pertanian dengan luas wilayah yaitu 8.396,214 Ha berupa ± 135 Ha merupakan pemukiman, ± 55 Ha persawahan, ± 1.000 Ha perkebunan, ± 500 Ha ladang, ± 21 Ha fasilitas umum dan selebihnya merupakan kawasan hutan.

Jarak ke Ibu Kota Provinsi ± 20 KM, sedangkan jarak ke Ibu Kota Kabupaten ± 45 KM serta jarak dari desa ke Kecamatan Namang ± 10 KM.

Kebesaran nama Belilik sangat melekat dengan keramah-tamahannya dan masyarakat yang mayoritas beragama Islam serta dilatarbelakangi keberadaan sekolah formal Islam yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pusat kegiatan belajar masyarakat di Masjid dan Musholla serta kegiatan keagamaan lainnya seperti pengajian majelis taklim, Karang Taruna, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), PAUD, TKA dan Karang Taruna serta kegiatan kepemudaan seni dan budaya. Hal ini sesuai dengan slogan Desa Belilik yakni “Berbudaya, Tenteram, Agamis dan Santun (BEUTAS)”.

Sesuai dengan kondisi lingkungan geografis, Pemerintah Desa Belilik mendorong masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan taraf hidup yang ditunjang dengan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang memadai dan berlimpah, sebagai bukti dapat kita temui di Desa Belilik terdapat potensi-potensi terutama dari kalangan generasi muda sebagai penerus cita-cita “KAWA dan PACAK” dengan membentuk kelompok pengrajin, kelompok tani, nelayan serta beridirnya BUMDes “Milik Bersama” Desa Belilik sebagai wadah penampung dari hasil perkebunan dan pertanian masyarakat desa.