Home DESA CELUAK

DESA CELUAK

1,326
SHARE

"DESA CELUAK"

 

Nama Kades : ALBAN,S.IP
Alamat Desa : Jl. Raya Desa Celuak
Moto Desa BERSINAR, BERBUDAYA, KEKELUARGAAN, INDAH DAN TENTRAM (BEBUKIT)
Telp/Fax : -

 

 

 

Desa Celuak adalah salah satu satuan terkecil dari sistem pemerintahan formal yang membawahi unit-unit kemasyarakatan langsung yang bernama rukun tetangga dan rukun warga, Desa celuak memiliki segala persoalan dan dinamika, Karakeristiknya tidak dapat ditarik garis universal sekaligus menampakan keunikan setiap desa yang berbeda satu sama lainnya. Karateristik tidak hanya dalam soal lingkungan alam dan topografi desa, namun juga lebih luas dan kompleks lagi adalah demografinya. Hal ini menyangkut etnisitas sitem budaya dan sosial, tata nilai dan kultur yang Spesifik.

Desa Celuak merupakan kawasan pedesaan yang bersifat agraris, dengan mata pencaharian dari sebagian besar penduduknya adalah bercocok tanam terutama sektor pertanian dan perkebunan. Sedangkan pencaharian lainnya adalah, perdagangan dan sektor industri kecil yang bergerak di bidang kerajian dan pemanfaatan hasil olahan pertanian dan perkebunan. Desa Celuak secara kepemimpinannya telah melaksankan organisasi keperintahannya sejak tahun 1924.

Sejarah berdirinya Desa Celuak secara memang tidak ada, , sedikit tentang asal usul salah satu Desa yang berada ditengah Pulau Bangka ini, nah Dari sejarah yang saya telusuri ketahui tentang Desa Saya ini, yang diperoleh dari mulut ke mulut yang bersumber dari masyarakat, Sebelumnya Desa Celuak ini disebut dengan Desa Bukit karena Jalan atau dataran desa ini yang agak bergelombang layaknya bukit, Menurut asal muasal Desa Celuak ini berasal dari Sebuah Pohon Besar yang berada diatas bukit ditengah kampung, Dimana di dalam kayu tersebut ada seekor Cecak Besar, atau yang biasa disebut masyarakat sekitar dengan istilah Tekek. Nah Istilah Celuak diperoleh dari 3 Unsur ini, yang apabila dipisahkan CE yang berasal dari kata CECAK dan LUyang berasal dari kata LUBANG yang ada didalam Pohon tersebut dan AK yang diambil dari nama POHON MENTABAK tempat cecak tersebut bersarang, dari awal berdirinya hingga sekarang mengalami 2 Perubahan Nama,yaitu yang PERTAMA KAMPUNG BUKIT dan yang KEDUA KAMPUNG CELUAK.