Home DESA NIBUNG

DESA NIBUNG

2,395
SHARE
DESA NIBUNG
BERBATANG
( Bermartabat, Berbudaya, Taat dan Anggun )
 
 
Desa Nibung merupakan Desa yang terletak di wilayah Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah. Desa Nibung merupakan dataran yang tidak berbatasan langsung dengan laut. Dengan luas wilayah 6.341,67 Ha. Dengan memiliki 17 RT dan 4 Dusun dengan jumlah jiwa sebanyak 5.035.Desa Nibung merupakan desa yang sangat strategis karena terletak di pusat pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah dan Kecamatan Koba. Jarak Desa Nibung ke Kabupaten hanya berjarak 4,8 KM dan ke Kecamatan 5,6 KM.
 
Pemerintah Desa Nibung terdiri dari 12 orang perangkat Desa, yakni : 1 orang kepala desa, 1 orang sekretaris desa, 3 orang Kepala Urusan, 3 orang Kepala Seksi dan 4 orang kepala dusun. Roda Pemerintah Desa Nibung dalam menjalankan pemerintahannya bekerjasama dengan
kelembagaan-kelembagaan desa seperti : BPD, PKK, RT, Bumdes, KarangTaruna, Forum Kepemudaan, Irmas, Linmas, Majelis Ta’lim, Babinsa, Babinkamtibmas, lembaga kesehatandesa, lembaga adat, kelompok tani, kelompok sadarwisata, lembaga pendidikan/madrasah, dan lain sebagainya.
 
 
Asal mula penamaan "Nibung" diambil dari nama sebuah pohon yang bernama Nibung yang merupakan jenis pohon Palem. Konon pohon Nibung ini dulunya tumbuh di tengah2 balai pertemuan yang pada waktu itu masih berbentuk rumah panggung. Berdasarkan peristiwa tersebutlah desa ini dinamakan Desa Nibung.
 
Desa Nibung memiliki potensi pada sector perkebunan, pertanian, peternakan, perdagangan, dan pertambangan. Namun sebagai sector unggulan, perkebunan menjadi sector strategis yang akan terus dikembangkan. Disamping persiapan pasca timah, ini juga bentuk revolusi hijau dan reorientasi masyarakat agraris. Selain itu juga dapat mendukung upaya  reklamasi melalui tanaman yang produktif dan menuju program eco-green berbasis pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan pemetaan potensi tersebut dan trademarknya sebagai DesaKebon, maka slogan Desa Nibung misalnya dapat dirumuskan dalam kata BERBATANG dengan makna Bermartabat, Berbudaya, Taat dan Anggun.