Home Berita Terkini Pemkab Bateng Gelar Sosialisasi Pengembangan TIK

Pemkab Bateng Gelar Sosialisasi Pengembangan TIK

104
0
SHARE
Pemkab Bateng Gelar Sosialisasi Pengembangan TIK

KOBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistika (Diskominfosta) Kabupaten Bateng menggelar sosialisasi Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Gedung Diklat BKPSDMD, Kamis (5/12/2019).

Kegiatan yang bertajuk "Sosialisasi Pengembangan Teknologi Informasi" ini bertujuan untuk mengembangkan TIK dalam memberikan informasi terkait pemanfaatan dan pengembangan di wilayah Pemkab Bateng. Ada beberapa poin penekanan dalam kegiatan ini, yakni pembangunan dan pengembangan infrastruktur, jaringan komunikasi data atau pengaturan penggunaan internet terpusat dan jaringan internet desa, pengembangan sistem informasi yang terintegrasi, peningkatan keamanan informasi dan peningkatan kompetensi SDM dalam bidang teknologi informasi.

Kepala Diskominfosta Bateng yang diwakili oleh Drs. Erwin David selaku Sekretaris menjelaskan, saat ini pemerintah telah menerapkan e-government. E-government merupakan sebuah sistem pemerintahan berbasis teknologi yang bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat serta meningkatkan pelayanan pemerintah dalam upaya peningkatan pelayanan publik secara cepat dan akurat, yakni melalui pengembangan TIK.

"Pemanfaatan TIK Pemkab Bateng merupakan  implemantasi Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik serta penyelenggaraan pemerintah keseluruhan secara umumnya yang bersih dan terbuka," jelas Erwin.

Dilanjutkannya, melalui kegiatan ini manfaat yang diperoleh dalam sosialisasi pengembangan TIK di Kabupaten Bateng nantinya peserta mempunyai sudut pandang yang sama. Peserta juga akan mengetahui kebijakan dan regulasi dengan penyelenggaraan sistem SPBE. Menurutnya, setiap OPD, Kelurahan dan Desa dapat bersama-sama mendukung dan menyukseskan program pembangunan daerah dengan pemanfaatan TIK. Selain itu, setiap OPD, Kelurahan dan Desa diharapkan dapat membuat skala prioritas kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan TIK dan dapat menerapkan TIK dalam mendukung Sistem Informasi Berbasis Elektronik.

"Setiap OPD, Kelurahan dan Desa dapat bersinergi dalam meningkatkam  hasil penilaian penerapan SPBE Kabupaten Bateng, yang saat ini baru dikategorikan cukup. Setiap OPD dan instansi terkait dalam pembuatan program kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan TIK agar dapat berkoordinasi dengan Diskominfosta selaku Perangkat Daerah yang membidangi teknologi dan informatika," tutupnya.

Kegiatan sosialisai pengembangan TIK ini dihadiri oleh Inspektur Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sekretaris Dinas, Eselon IV, staf yang membidangi IT OPD, para perwakilan Kelurahan se-Bateng serta para Kepala Desa se-Bateng.* (IAN/WEE/Foto: RIN)

  

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah