Home Berita Terkini Tingkatkan Respon Aduan Masyarakat, Diskominfosta Bangka Tengah Gelar Bimtek SP4N LAPOR

Tingkatkan Respon Aduan Masyarakat, Diskominfosta Bangka Tengah Gelar Bimtek SP4N LAPOR

149
0
SHARE
Tingkatkan Respon Aduan Masyarakat, Diskominfosta Bangka Tengah Gelar Bimtek SP4N LAPOR

Pangkalan Baru - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik – Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR), di Hotel Soll Marina, Kecamatan Pangkalan Baru, Rabu (04/12/2019).

Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan, Siti Aswati, S. Ag., M. Pd.I, dalam sambutannya menyampaikan, SP4N-LAPOR merupakan sistem pengaduan yang efektif, di mana masyarakat dapat berkontribusi secara langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan dan memperkuat fungsi pelayanan publik. Sistem ini juga dapat memberikan solusi aduan dari masyarakat.

Aswati melanjutkan, harapannya seluruh sistem pengaduan pelayanan publik milik Pemerintah Daerah baik itu di tingkat provinsi, kota dan kabupaten dapat terintegrasi dengan sistem pelayanan publik nasional SP4N-LAPOR yang saat ini dikelola oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Kabupaten Bangka Tengah juga membuka layanan akses pengaduan melalui beberapa kanal diantaranya website lapor.go.id dan sms pengaduan 1708, dengan format LAPORPAKIBNU(spasi)aduan. Kedepannya, hal ini diharapkan dapat berjalan baik dengan adanya komitmen bersama dalam membesarkan gaung sistem ini sehingga pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat dapat ditindak lanjuti," terangnya.

Aswati juga mengatakan, pertemuan Bimtek ini adalah bagian dari upaya bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Peserta yang hadir diharapkan mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya supaya dapat menggali informasi dan mengimplementasikan sistem tersebut untuk membangun Bangka Tengah yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfosta)  Bangka Tengah, Zaidi, S. IP menuturkan, Bimtek yang dilakukan ini merupakan bagian dari upaya menyampaikan kembali informasi yang lebih akurat dan berjenjang sehingga dapat meningkatkan keikutsertaan para pejabat penghubung pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Bateng.

"Apabila ada pengaduan masyarakat, melalui LAPOR inilah pengaduan ini dapat ditanggapi segera, ditindaklanjuti segera sehingga dapat menghasilkan jawaban yang maksimal sesuai dengan tupoksinya masing-masing," tutur Zaidi.

Zaidi mengharapkan agar para stakeholder dapat bersikap tanggap dan mampu merealisasikan segera jika ada pengaduan yang dilakukan oleh masyarakat. Kemudian diteruskan kembali kepada pimpinan daerah tertinggi, yakni Bupati, dalam laporannya.

"Kedepannya, harapan kami SP4N-LAPOR ini terus meningkat responnya dan pejabat penghubung di tiap OPD se-Kabupaten Bangka Tengah harus lebih tanggap, memperbaharui diri dengan meningkatkan pengetahuannya sehingga pengaduan bisa ditanggapi dengan cepat dan tepat, serta terus berkoordinasi dengan administrator di Diskominfosta,” tutup Zaidi.

Kegiatan Bimtek SP4N-LAPOR ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Rosikin, S.Si, MM., yang menjabat sebagai Kasubbid Pelaksanaan dan Monitoring Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional. Bimtek diikuti sebanyak 34 peserta yang merupakan pejabat penghubung dari setiap OPD yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari Bimtek ini, perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat bahwa Pemkab Bangka Tengah telah memiliki jalur pengaduan online. Hal ini melengkapi aspirasi temu muka yang telah dijalankan oleh Ibnu Saleh selaku Bupati Bateng, yakni acara Sajadah Fajar, Maghrib Mengaji, dan Ngopi Bareng. Kanal online yang bisa diproses langsung oleh Administrator Diskominfosta adalah laporpakibnu.lapor.go.id dan SMS ke 1708 dengan format LAPORPAKIBNU(spasi)aduan/aspirasi, serta melalui Twitter dengan hashtag #1708BangkaTengah. *(RIN/APJ/Foto:FEK)



Sumber: Diskominfosta Bateng