Erzaldi Apresiasi Kegigihan Petani Lada

Posted in Berita Media

  • Junjung Hidup Sebuah Solusi Ekonomis, Panen Maksimal

Kunjungan petani lada ke Vietnam yang diprakarsai Bupati Bateng Erzaldi Rosman, beberapa waktu lalu membuahkan hasil. Salah satunya, Sawon, petani lada di Desa Namang, Kecamatan Namang ini, kini sudah merasakan hasilnya. Dihadapan Bupati Bateng H. Erzaldi, Ketua TP PKK Bateng, Hj. Melati Erzaldi dan sejumlah SKPD terkait saat panen perdana di kebun miliknya, Selasa (25/8) pagi sekitar pukul 10.00 WIB kemarin, Sawon menceritakan, jika hasil panennya jauh meningkat dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan, ia menggunakan junjung hidup berupa pohon dadap.

"Pengetahuan ini saya peroleh saat ke Vietnam beberapa waktu lalu. Awalnya banyak yang tak percaya dengan pola yang saya terapkan, karena maindset masyarakat telah terbentuk jika menanam lada atau sahang dengan junjung mati. Hingga pada akhirnya, hari ini kebun lada yang saya rawat dengan junjung dadap pun berhasil panen dan yang cukup mengejutkan yaitu dapat menghasilkan 4 kilogram lada perbatangnya," ujar Sawon kepada Radar Bangka di lokasi panen, Selasa (25/8) kemarin.

Menurut Sawon, keberhasilannya dalam menerapkan pola junjung hidup dengan hasil memuaskan ini, tentunya sedikit banyak telah mengundang penasaran sebagian petani lada disekitarnya. Sehingga sudah ada yang bertanya bagaimana caranya dan perlahan mengikuti jejaknya. "Selama ini, kebanyakan petani lada yang ada di Bangka pada umumnya memakai junjung kayu mati yang harganya lebih mahal. Namun setelah saya membuktikan sendiri, jika untuk tanaman lada memakai junjung hidup dari pohon dadap yang ternyata hasil panennya lebih banyak," imbuhnya.

Selain itu, Sawon pun sangat bersyukur dan berterimakasih karena telah diajak oleh Bupati Bateng, H. Erzaldi Rosman ke Vietnam untuk melihat pola petani lada disana secara langsung, sehingga petani lada di Bateng ini mendapatkan wawasan ilmu baru mengenai junjung lada dengan pola junjung hidup. "Alhamdulillah berkat support motivasi Pak Bupati, H. Erzaldi Rosman selama ini, maka 3000 batang lada Bangka jenis lada Lampung lokal yang saya tanam pun berhasil dan sukses panen dengan jarak tanam dibuat 4 meter dan dengan ketinggian batang dadap yang diatur sama setinggi 5 meter," ungkap Sawon.

Bupati Bateng, H. Erzaldi Rosman dalam kesempatan tersebut berpesan kepada Sawon, agar terus menyebarkan ilmu pengetahuan yang didapatkan mengenai junjung hidup ini kepada petani lada lain yang ada di Bateng ini dengan ikhlas, sehingga harapan nantinya semua petani lada se Bateng sukses seperti dirinya. "Jadi, saya minta kepada pak Sawon untuk menyebarkan dan memberitahukan ilmu yang didapat selama ini, kepada petani lada kita yang lainnya supaya sukses dan sejahtera. Insyaallah, ilmu yang diamalkan nantinya akan berbuah manis dan bernilai ibadah di sisi Allah SWT yang akan membalasnya dengan kebaikan pula serta rezeki yang luas dan berkah dari jalan yang tak disangka-sangka sebelumnya," tandas H. Erzaldi.(rb)

 

Sumber (http://www.radarbangka.co.id/berita/detail/koba/33512/erzaldi-apresiasi-kegigihan-petani-lada.html)